LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN - MATERI 3 TUNTUNAN BERORGANISASI

3:05:00 AM

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN MATERI 3 - TUNTUNAN BERORGANISASI
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN MATERI 3 - TUNTUNAN BER-ORGANISASI

ORGANISASI 

Dalam mencapai cita-cita ini ada yang bisa dicapai perorangan, ada yang bias dicapai oleh sekelompok manusia yang merupakan golongan dalam menempuh cita-cita bersama itu. 
Perkumpulan bersama yang mempunyai cita-cita yang sama dialam modern ini disebut “ORGANISASI” suatu perkumpulan atau organisasi didirikan karena terdorong oleh hasrat untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 
Suatu organisasi dapat dakatakan teratur kalau sudah ada keserasian antara semua pengurus, antara pengurus dengan anggota dan adanya rasa tanggung jawab serta pengertian yang mendalam atas organisasi tersebut hingga berjalan secara pararel dengan dasar dan tujuannya. 

Empat unsur yang penting dalam lingkungan perkumpulan ini adalah : 
1. Organisasi (tata cara mengelola perkumpulan) 
2. Administrasi 
3. Management 
4. Leadership/kepemimpinan 

Antara keempat unsure ini sangat berhubungan erat yang satu dengan yang lain sekedar merupakan gambaran hebungan antara keempat unsur ini dapat disimulkan sebagai berikut : 

Proses penyelenggaraan kerja ialahn untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan “ORGANISASI” adalah alat atau wadah yang akan mengantarkan cita-cita tertentu. Dalam mengendalikan organiosasi tidak akan lepas dari kegiatan-kegiatan surat menyurat, mengatur pembukuan dll. Segala masalah yang bersangkutan dengan hal tersebut dinamakan “ADMINISTRASI”. 


TENTANG ORGANISASI

Definisi
1.Organisasi adalah sekelompok orang yang bersatu bekerja untuk suatu tujuan bersama, di bawah kepemimpinan bersama. 
2.Organisasi adalah oaring-orang yang bekerjasama dan dengan demikian mengandung cirri-ciri dari hubungan manusia yang timbul dalam kegiatan kelompok. 
Komunikasi Dalam organisasi, hubungan antara suatu pengurus dengan pengurus lain, anatara pengurus dan anggota, sangat menentukan lancar tidaknya perjalanan organisasi. Dalam hal ini komunikasi adalah sarana yang akan menentukan harmonisnya hubungan antar mereka. Salah satu syarat utama agar komunikasi berjalan baik harus dilandasi dengan rasa saling pengertian antara pemberi dan penerima komunikasi. 

Departementasi
Suatu organisasi memiliki suatu permasalahan dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Dalam hal ini perlu adanya pembagian tugas dalam setiap penanganan setiap pekerjaan. Pembagian tersebut dinamakan departementasi. 
Departementasi sangat penting dalam suatu organisasi sebab departementasi yang dilaksanakan dengan pertimabangan yang matang dapat menghasilkan efesiensi dan efektifitas kerja sebuah organisasi. 
Koordinasi
Koordinasi bertujuan agar double pekerjaan dan kesimpangsiuran antara seseorang dengan orang lain dapat dihindari. Tanpa koordinasi yang baik suatu organisasi akan mengalami keruetan dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan. 
Dalam melaksanakan koordinasi yang baik perlu adanyakomunikasi dan kedisiplinan yang baik pula dan untuk menunjang kearah tersebut, maka dalam perencanaan dan penyususnan aturan kerja unsur koordinasi harusdimasukan didalamnya. 

ADMINISTRASI

Definisi 
Administrasi dalam bahasa Belanda adalah tata usaha, yaitu segala kegiatan yang meliputi tulis menulis, korespondensi, kearsipan dll. 
Segi-segi Administrasi ada tiga macam : 
  • Administrasi dalam arti intitusional adalah merupakan kelompok orang yang menjalankan proses kegiatan ke arah tercapainya suatu tujuan bersama. 
  • Administrasi dalam arti fungsional adalah segala kegiatan yang mendahulukan kearah mencapai suatu tujuan.
  • Administrasi dalam arti proses, adalah segala kegiatan sejak dari perumusan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapai suatu tujuan

MANAGEMENT

Definisi
  • Management berasal dari kata “To manage” yang artinya adalah mengemudikan, mengelola, membimbing, mendorong dan mengatur. 
  • Pengertian managemen menurut unsurnya adalah kegiatan dan kecakapan seseorang dalam mengendalikan, menjuruskan serta membimbing suatu organisasi kearah tercapainya tujuan organisasi. 
Sasaran Management
  • Metode kemampuan menggunakan cara bagaimana agar usahanya berhasil dengan baik, ekonomis, praktis dan harmonis dalam mencapai tujuan. 
  • Manusia kemampuan mengendalikan dan menggerakan manusia untuk melaksanakan tugas dalam usaha mencapai tujuan bersama. 
  • Peralatan kemampuan menggunakan alat perlengkapan yang ada. 
  • Biaya kemampuan menggunakan dana yang ada seefesienmungkin dalam usaha mencapai tujuan. 
POAC SEBAGAI POLA MANAGEMENT

pola management dapat dirumuskan dengan singkatan “POAC”. 

Planning (perencana program). 
Planning adalah perencanaan apa yang akan dicapai yang merupakan pedoman untuk mencapai tujuan. Planning merupakan suatu perumusan tentang apa dan bagaimana suatu perumusan pekerjaan yang hendak dilaksanakan. 

2.Organizing (Pengorganisasian). 
Yang dimaksud dengan organizing adalah peraturan setelah adanya rencana yang didalamnya meliputi : 
a.Pembagian tugas pekerjaan 
b.Macam atau jenis dan system pekerjaan. 
c.Menetukan siapa yang akan mengerakan pekerjaan. 
d.Alat-alat yang dibutuhkan 
3.Accuiting (penggerakan). 
Yang dimaksud dengan ‘actuating’ adalah suatu penggerak setelah adanya rencana yang diatur (diorganizir) agar seorang yang diberi beban itu mempunyai rasa tanggung jawab, sehingga timbul keamanan untuk mengerjakan dengan penuh keinsyafan

4.Controlling (pengawasan)
Walaupun rencana sudah diatur dan digerakan, hal ini belum dianggap cukup, sebab untuk memperoleh hasil karya yang baik, masih membutuhkan pengawasan dari pihak manager. 
Adanya pengontrolan yang sangat penting dari organisasi, karena segala kekurangan dapat diarahkan dan dievaluasi. Dan yang lebih penting lagi dengan adanya pengontrolan itu kelancaran organisasi akan tetap terjamin. 


You Might Also Like

0 comments