Cara Baru atasi BB yg lemot dg bersihkan Media Card

4:07:00 PM

BB lemot umumnya diatasi dg cara :
- memory cleaning,
- alt + LG+LG,
- memory up personal,
- clear cache-cookies browser history
- diagnostic test
Dan beberapa software enhancement.

Tahukah kamu ?
Bahwa lemotnya BB bukan hanya karena semua aplikasi dan software yg ada pada device sudah penuh dg "junk" dan harus dibersihkan.

Tapi juga karena memory card (micro-sd) yang sudah "PUOLL" isinya. Aku pernah coba hapus semua lagu dan gambar di media card, tapi saat di cek dgn mengkoneksikan ke laptop, kapasitas media card tetap menunjukkan "bar" warnah merah penuh, fulltank. Aku cek melalui option pada handset-storage-capacity juga menunjukkan nilai kapasitas yg tersisa sgt sedikit.

Padahal file2 sudah dihapus kan ?

Ternyata semua interaksi kita, aktivitas dg BB ini, direkam cache / tmp filenya, dan itu tidak terlihat oleh explorer laptop.

Bagaimana kita tahu hal ini ?

1.
coba pindahkan (cut-paste) seluruh folder pd media card ke direktory laptop dg buatkan new folder sampai media card kosong (jadi tidak perlu kuatir, data akan lost, krn ada backup di laptop)

2.
Lalu "eject" BB (safely removed) cabut kabel kooneksi usb.

3.
Check kapasitas media card melalui device-option-media storage sudah empty

4.
Koneksikan kembali usb BB connector ke laptop, dan buka direktory "komputer" lihat media card BB yg muncul dilayar, terlihat sudah kosong (tidak bar merah full lagi)

5.
Klik directory media card, device/handset akan otomatis "create" folder2 standar BB kembali spt sblmnya, tapi masih dlm keadaan kosong.

6.
Coba kembali ke new folder di laptop tempat dimana tadi data bb media card kita simpan.

7.
Pilihkan data apa saja yg perlu, di copy-paste ke media card sesuai dg jenis foldernya. (Jangan memindahkan lumpsum seluruh folder ya, tapi lakukan nama2 filenya saja per jenis folder, spt pics, music, video, satu jenis bisa multiple files).

8.
Cek kapasitas media card pada BB dengan mengklik "computer" pada tab explorer, akan terlihat gambar bar tidak merah puoll lagi, melainkan sesuai dengan jumlah file yg kita input ulang.

Artinya, data sebelumnya banyak cache dan junk yg tidak terlihat, shg kita tdk bs bersihkan.

9.
Disconnect BB lalu coba gunakan lagi dan rasakan waktu prosesnya sdh tdk lemot lagi.

Selamat mencoba.
Brought to you by : Selvi Aldriani

Sent from my DianMakmur Mobile...

You Might Also Like

0 comments