Ini cara Mempelajari PPDB Online SMP 2018/2019 - Kota Tangerang

3:54:00 AM



Ini cara Mempelajari PPDB Online SMP 2018/2019  - Kota Tangerang

Apa saja yang perlu diketahui tentang PPDB Online ? 

Selain dari persiapan Ujian Nasional dan Akhir Sekolah. juga melalui try out-try out yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga, Bagi para orangtua yang tahun 2018 ini anaknya akan masuk ke Jenjang Pendidikan SMP,  wajib mencari tahu tentang sekolah sekolah yang bisa menjadi pilihan sejak awal.

Untuk Orangtua yang memutuskan untuk melanjutkan ke Sekolah Swasta, bahkan sudah mulai melakukan pendaftaran sejak jauh hari, karena sekolah swasta sebagian besar memulai pendaftaran awal tahun 2018, bahkan ada yang sejak November 2017. Setelah melakukan pilihan dan menjalani proses test dan rangkaian pendaftaran, tentunya bagia orangtua yang memilih sekolah swasta sudah cukup tenang menghadapi akhir tahun, karena sudah memiliki pegangan yang tetap kemana ananda akan belajar pada jenjang SMP.

Akan tetapi, sebagian besar orangtua yang mengandalkan jalur jenjang pendidikan SMP Negeri, sudah mulai memantau perkembangan dan berita dari Pemerintah Kota, khususnya Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Sampai artikel ini ditulis, Website Dinas Pendidikan Kota Tangerang belum merilis SK Pengumuman yang baru tentang PPDB Online untuk tahun 2018/2019. Akan tetapi, kita para orangtua bisa menggunakan data tahun sebelumnya untuk mulai mempelajari alur proses PPDB Online, yang diperkirakan proses mekanismenya masih hampir sama dengan tahun lalu, yaitu mengutamakan jalur Zonasi.

POLA SELEKSI

Pola Seleksi PPDB jenjang SMP dilakukan melalui :

Jalur Prestasi
Pola seleksi jalur prestasi adalah seleksi yang memberikan pengakuan atas prestasi calon dalam bidang akademik/non akademik untuk mendapatkan prioritas diterima di sekolah yang dituju berdasarkan raihan prestasi sebagai juara dalam lomba atau event tingkat kota, tingkat propinsi atau nasional yang dibuktikan dengan sertifikat juara dari penyelenggara O2SN, OSN, FLS2N, Siswa Teladan/Berprestasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang, PORKOT, POPDA Tingkat Kota Tangerang, PORPROV, Kejuaraan Daerah dan PON, Prestasi dalam ajang PORKIT, PORDA, Tingkat Kota Tangerang, PORPROV yang diselenggarakan Oleh Pemerintah

Jalur Zonasi
Calon Peserta Didik Baru Warga Kota Tangerang yang berdomisili paling lambat tanggal 1 Januari ditunjukkan dengan Kartu Keluarga yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan berdasarkan Zonasi yang ditentukan dalam ketentuan.

Jalur Seleksi Umum Luar Kota
Jalur seleksi luar kota merupakan Calon Peserta Didik Baru yang berdomisili atau mempunyai Kartu Keluarga dari luar kota Tangerang.

TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI

Untuk Tahun 2018/2019 Tahapan dan Jadwal belum ditentukan oleh Dinas Pendidikan, akan tetapi bisa kita pelajari dari data tahun lalu perkiraan tahapannya adalah sbb :
  • Pendaftaran
  1. Jalur Prestasi - 3 Juli
  2. Zonasi Tahap I - 6 s/d 10 Juli
  3. Zonasi Tahap II - 14 Juli
  4. Luar Kota Tahap I - 6 s/d 10 Juli 
  5. Luar Kota Tahan II - 14 Juli
  • Pengumuman

  1. Jalur Prestasi - 4 Juli 
  2. Zonasi Tahap I - 11 Juli
  3. Zonasi Tahap II - 15 Juli
  4. Luar Kota Tahap I - 11 Juli
  5. Luar Kota Tahan II - 15 Juli
  • Daftar Ulang
  1. Jalur Prestasi - 5 Juli 
  2. Zonasi Tahap I - 12-13 Juli
  3. Zonasi Tahap II - 15 Juli
  4. Luar Kota Tahap I - 12-13 Juli
  5. Luar Kota Tahan II - 15 Juli
Namun untuk 2018/2019, kita tetap harus menunggu dari ketentuan Dinas Pendidikan, yang bisa di akses melalui Situs : https://disdik.tangerangkota.go.id/ 

Lalu apa saja yang perlu diketahui ?

























You Might Also Like

0 comments