Thursday, July 27, 2017

SDN Tangerang 15 yang aku kenal sampai saat ini (2017).


SDN Tangerang 15 yang aku kenal sampai saat ini (2017).

SDN Tangerang 15 adalah Sekolah Dasar Negeri yang terletak di Jl. Ahmad Yani No. 20, Kec. Tangerang, Tangerang – Banten. Memiliki 18 (delapan belas kelas) dengan masing-masing tingkat terdiri dari 3 kelas (a, b dan c) dan dengan siswa per kelas rata-rata 35 s/d 40 Siswa. SDN Tangerang 15 juga terkenal dengan sebutan “LIBELTA”

Media Informasi dan komunikasi antar seluruh Masyarakat Sekolah selain komunikasi interaktif langsung, juga bisa dilakukan melalui wahana Website dan Media Sosial di Facebook, baik yang dikelola oleh Tim IT dari pihak sekolah, juga Tim IT dari pihak Orangtua siswa/alumni yang perduli terhadap perkembangan pendidikan khususnya di SDN Tangerang 15.

Pertumbuhan aktivitas non akademis LIBELTA yang cukup intens dimulai sejak tahun ajaran 2011/2012 yaitu pergerakan Orangtua Siswa untuk membangun sebuah Gazebo di lingkungan sekolah sebagai tempat untuk bermusyawarah masyarakat sekolah, lalu pengembangan Kantin Sehat, serta aktivitas kian gencar sejak diawali keputusan pihak Sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam Seleksi Sekolah Adiwiyata tingkat Kota. Aktivitas-aktivitas cinta lingkungan dikembangkan secara masif sejak saat itu secara bertahap, dengan pemberdayaan sumber daya yang ada, dari seluruh elemen masyarakat dilibatkan melalui ide dan kreasi penciptaan alat peraga belajar daur ulang, penanaman dan melengkapi koleksi tanaman sekolah, beragam lomba kreasi daur ulang, partisipasi dalam kegiatan-kegiatan lingkungan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak, perketatan atas limbah sekolah, pembangunan sarana dan prasaran yang mendukung pemeliharaan lingkungan seperti Sumur serapan, Lubang Biopori, Greenhouse, tanaman obat (apotik hidup), tanaman bumbu, menghargai penggunaan air, pengolahan limbah dengan penciptakan komposter, pangolahan limbah air dari toilet dan wudhu, pemanfaatan energi di sekolah secara hemat, penciptaan kantin sehat yang senantiasa dipantau oleh dinas kesehatan setempat dan sidak orangtua dalam memantau sifat jenis kudapan yang sehat dan bergizi, penerapan ketentuan membawa ompreng dan melarang menggunakan kemasan yang tidak ramah lingkungan, aktivitas kreasi ramah lingkungan melalui propaganda siswa dan orangtua pada event-event tertentu dan lainnya semua dilakukan dengan target utama menciptakan budaya dan kesadaran cinta lingkungan disekolah dengan semaksimal mungkin dan biaya swadaya seminimal mungkin dan kemampuan maksimal, dengan mmenciptakan Visi dan Misi bebrasis cinta lingkungan. Sampai kepada Penciptaan Siswa Duta Adiwiyata.

Seiring dengan meriahnya aktivitas cinta lingkungan dan secara paralel, melaui peran serta orangtua siswa melalui unit kelompok pengurus paguyuban kelas serta wadah Komite sekolah, ide ini semkin berkembang lebih kuat lagi didasari oleh besarnya harapan para orangtua siswa untuk memberikan perkembangan positif bagi para ananda selama menempuh pendidikan di sekolah dasar, karena pada durasi ini merupakan “masa keemasan Bunda / orangtua bagi para anak-anaknya”.

Perkembangan ini akhirnya semakin meluas dengan hanya mengandalkan pertanyaan “apa lagi yang bisa diperoleh anak-anak kita untuk tumbuh dan berkembang dengan baikdan memiliki sejarah pendidikan dasar yang positif dan berkesan untuk masa depan mereka?” apalagi setelah secara bertahap SDN Tangerang 15 meraih kelulusan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kota, lalu lulus sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi, pada 2016 lulus sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional, dan sampai pada tahun 2017 meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Selama durasi tersebut, pengembangan tidak lagi hanya berbasis Sekolah cinta dan ramah lingkungan, akan tetapi kita semua, masyarakat sekolah benar-benar perduli semua kebutuhan siswa dalam menghadapi masa pertumbuhannya dan perkembangannya, tidak hanya akademis, melainkan dari semua sektor. Target Pencapaian, tidak hanya kepada Piagam penghargaan atau kelulusan predikat sekolah unggulan lagi, melainkan penguatan kedalam budaya siswa dan masyarakat sekolah untuk menciptakan sekolah yang lebih lengkap dari sebuah Sekolah Adiwiyata Mandiri, yang bisa memberikan arahan tumbuh kembang anak yang lebih baik lagi.

Keterbatasan Finansial bagi Sekolah Negeri tentunya selalu ada, apalagi Sekolah Negeri diawasi ketat dalam hal keuangan karena merupakan sekolah yang harus bebas dari pungutan terhadap peserta didik, semua masyarakat sekolah melakukan musyawarah-musyawarah untuk menciptakan ide kreasi yang paling mungkin bisa dilakukan tanpa melanggar aturan dan koridor yang ada, dan hanya mengandalkan aktivitas pemberdayaan kegiatan yang ekonomis dan bisa mendapatkan seditik margin yang bisa dikumpulkan untuk membiayai seluruh kegiatan yang dikembangkan melalui pemberdayaan siswa dan orangtua serta staff pengajar, seperti contohnya penciptaan tas daur ulang yang bisa dijual dan menghasilkan uang yang bisa dikumpulkan sedikit demi sedikit untuk pembiayan kegiatan lainnya, donasi orangtua yang ikhlas memberikan dukungannya yang semakin meningkat seiring dengan bukti hasil yang secara bertahap meningkat tajam, atau bahkan peran siswa siswi itu sendiri untuk mencari dana pada kegiatan-kegiatan besar yang ingin mereka ciptakan termasuk kegiatan santunan keagamaan melalui aktivitas mengamen, kencleng dan lainnya.

Akhirnya upaya mengembangkan aktivitas dan budaya sekolah dapat dipetakan secara perlahan, baik akademis dan non akademis, dengan klasifikasi yang merujuk kepada visi misi Sekolah, yang wajib diketahui, difahami, dihayati dan diimplementasikan oleh seluruh Elemen Masyarakat Sekolah.

Visi : 
Mewujudkan Sekolah peduli lingkungan, berakhlak mulia, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan prestasi

Misi :
1) Mengembangkan sumberdaya manusia yang peduli lingkungan serta mampu mewujudkan pekeduliannya dalam kehidupan sehari-hari
2) Menciptakan lingkungan yang hijau, bersih, indah, aman dan sejahtera
3) Menjadikan sekoah sebagai wadah pembelajaran lingkungan hidup
4) Membina keimanan dan ktaqwaan serta berakhlakul karimah
5) Mencapai target pelulusan yang memiliki keunggulan dalam kedisiplinan dan kejujuran.
6) Mengembangkan kecerdasan di bidang ilmu dan teknologi dengan melaksanakan proses kegiatan belajar mengaar yang efektif dan efisien untuk memperoleh prestasi yang membanggakan.

Tujuan :
1) Peduli Linkungan, Jujur dan bertanggung awab
2) Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yan Maha Esa serta berakhlak mulia
3) Bersifat toleransi antar sesama di masyarakat
4) Memiliki intelektualitas, berpengetahuan yang luas da terampil.

Dari ide visi dan misi tersebut dikembangkanlah beragam pola dengan target pertumbukan yaitu mulai dari :
1. Ketahanan Akhlak sebagai dasar Iman dan Takwa kepada Allah SWT

2. Keunggulan Akademis dengan prestasi nilai yang bisa dibanggakan

3. Budaya Cinta Lingkungan baik di sekolah ataupun di rumah dan sekitarnya

4. Kemampuan siswa-siswi dalam daya saing meraih prestasi bukan hanya akdemis, melainkan juga kesempatan dalam bidang lainnya

5. Upaya memperbanyak informasi diversifikasi Bakat dan Cita-cita sebagai “Talent Mapping” sejak dini, sehingga Siswa mampu melakukan beragam pilihan cita-cita.

6. Penciptaan Wadah-wadah bagi siswa mengeluarkan seluruh potensinya baik menulis (seperti wadah duta jurnalis), kreasi seni (melalui duta seni), Polisi Cilik, Silat, Pramuka, Dokter Cilik, Marawis, Gamelan, Kelompok Pencinta Buku, dan lainnya.

7. Upaya yang tidak kalah penting adalah ketahanan Siswa-siswi terhadap bahaya Narkoba, dan jika para penjahat narkoba mengambil celah target pengrusakan generasi dimulai dari SD, maka kami melengkapi propaganda kami melalui pembudayaan Aktivitas Perang Terhadap Narkoba.

8. Selain itu, kami juga melakukan pembekalan kepada para siswa-siswi sejak kelas Atas (IV, V dan VI) tentang bagaimana menghadapi masa Remaja mereka nanti, Bahaya apa saja yang akan mereka hadapi, dan bagaimana menggali potensi mereka untuk melawan pengaruh negatif yang akan dihadapi kelak dari berbagai macam ancaman negatif

9. Dalam Era Globalisasi dimana Informasi Teknologi yang semakin berkembang pesat tanpa bisa dicegah, kami juga melakukan kampanye mengenai “Menggunakan Internet secara bijak dan Positif”, yang bertujuan agar siswa-i SDN Tangerang 15 memiliki kesadaran penuh terhadap apapun bentuk interaksi yang mereka laukan di media Sosial dan internet.

10. Kebutuhan Enterpreneurship, eksistensi pementasan diri sebagai salah satu kebutuhan Siswa-i dalam tumbuh dan berkembang juga terbuka luas di sekolah kami dengan diperkenankan para siswa-i untuk memiliki kegiatan dan aktivitas yang dikelolanya sendiri dalam kerangka yang positif, seperti menyelenggarakan event-event yang cukup beragam, mulai dari aktivitas internal sekolah, sampai dengan aktivitas mendatangkan Role Model yang sedang trend di kalangan remaja.

Sejak 2011 telah banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat sekolah, yang terkadang hampir tidak bisa disebutkan satu persatu, melainkan kegiatan berdasarkan target tujuan yang akan dicapai. Seperti contohnya : 

1. Aktivitas-aktivitas berbasis penguatan dan pemantapan Akhlak dan menolak pengaruh negatif melalui pengembangan kegiatan keagamaan, kolaborasi seni dan religi melalui marawis, aktivitas santunan dan keperdulian terhadap sesama, qurban, serta Penguatan menolak Bahaya Narkoba sejak dini melalui penciptaan Duta BNN serta ikrar perang terhadap Narkoba bagi seluruh siswa, pengawalan ketat Siswa yang akan lulus sekolah dengan pembinaan untuk menjadi remaja positif dan lainnya.

2. Kegiatan Field Trip ke lembaga-lembaga pemerintah dan swasta yang menyediakan fasilitas menerima kunjungan Siswa ke lokasi kerja dan lapangan demi memberikan ilmu pengetahuan mengenai lembaga tersebut aik dari segi bidang ilmu terkait sampai kepada pengenalan beragam profesi yang ada dalam masyarakat untuk dikembangkan siswa dalam menentukan arah cita-citanya. Hasil dari pengetahuan ragam profesi ini tentunya sangat mendukung terutama perbendaharaan profesi dalam pemikiran siswa dan kemampuan siswa untuk siap menghadapi kegagalan dengan bertransformasi dalam peta bakat yang ia miliki disesuaikan dengan ragam profesi yang ada

3. Aktivitas pengembangan daya kreatifitas siswa melalui daya kreasi seni dan jurnalis menampung minat dan kebutuhan siswa dalam mewujudkan seluruh pikiran dan bakatnya demi menunjang jati dirinya bahwa seluruh siswa di sekolah ini memiliki beragam peluang untuk unggul tidak hanya melalui jalur akademis sebagai juara kelas, akan tetapi juga mereka memiliki kesempatan untuk unggul dalam segala bidang yang ada, seperti keagamaan, seni, menulis dan membaca, teknologi informasi, kepolisian, pramuka, pencak silat, Dokter Cilik, Tim Jumantik dan masih banyak lainnya.

4. Pengembangan Teknologi informasi sebagai kebutuhan informasi dan komunikasi, serta impelemntasi kebutuhan kreasi siswa melalui seluruh media sosial ang ada dengan berjalan secara paralel pengawalan ketat di dunia internet melalui satuan kerja Libelt Cyber Patrol.

5. Beragam kerjasama dengan kelembagaan dikembangkan untuk melengkapi seluruh bidang pengetahuan dan arahan yang sesuai dengan bidang ilmu terkait.

Semua kerangka pemberdayaan tersebut, dengan kemampuan yang dimiliki saat itu, munkin kita tidak bisa membentuk Grup Marching Band yang bergengsi atau pengembangan-pengembangan modern dan mewah seperti sekolah lainnya, akan tetapi jika pun ada kemampuan keuangan untuk memilikinya pun, masayarakat sekolah secara luhur dan ikhlas sepakat untuk dialokasikan membantu dan meberikan dukungan kepada sekolah melengkapi kekurangan sarana dan prasarana sekolah untuk pengembangan kenyamanan siswa belajar di SDN Tangerang 15.

Secara perlahan, semua upaya dan kerja keras seluruh masyarakat sekolah tanpa terkecuali, mulai memberikan hasil yang luar biasa !. Dengan beragam prestasi yang memiliki predikat yang bisa dibanggakan, baik akademis dan non akademis, Perolehan nilai Nem yang tinggi sebagai bukti akademis, prestasi non akademis yang begitu meluas yang merujuk kepada harapan utama seluruh masyarakat sekolah, yaitu sekolah yang lengkap dalam memberikan manfaat kepada para siswa dari semua sektor kebutuhan anak-anak dalam mengembangkan dirinya serta kekuatan akhlak yang diupayakan semaksimal mungkin melalui peran serta seluruh elemen masyarakat sekolah.

Akhirul kalam, atas nama Seluruh Masyarakat SDN Tangerang 15, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas seluruh dukungan yang diberikan kepada kami, Kepala Sekolah, para orangtua yang luar biasa, seluruh staff dan pengajar dan tidak lupa menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh lembaga yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi aktivitas kami :  

1. Bapak Walikota Tangerang beserta seluruh Jajaran Staf dan manajemen Pemerintah Kota Tangerang, Banten

2. Kepala Dinas Pendidikan beserta seluruh Manajemen dan Staff

3. Kepala UPT Kec. Tangerang beserta seluruh Manajemen dan Staff

4. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang beserta seluruh Manajemen dan Staff

5. Direksi, Staff dan Manajemen Lembaga Kantor Berita Nasional “ANTARA”

6. Direksi, Staff dan Manajemen Badan Pemerintah setingkat Menteri - Badan Narkotika Nasional (BNN)

7. Kepala Kantor BNN Tangerang Selatan beserta Seluruh Jajaran Staff dan manajemen serta tim kerja (BNNK Tangsel)

8. Direksi, Staff dan Manajemen Badan Pemerintah setingkat Menteri - Badan Informasi Geospasial (BIG)

9. Direksi, Staff dan Manajemen Badan Pemerintah setingkat Menteri - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)

10. Direksi, Staff dan Manajemen Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional “LAPAN”

11. Direksi, Staff dan Manajemen Badan Pemerintah setingkat Menteri - Badan Standardisasi Nasional (BSN)

12. Kepolisian RI – Polisi Resort Mettro Tangerang (Polrestro Tangerang)

13. Pimpinan, Dewan Redaksi dan staff manajemen Media berita Online “Lentera News”

14. Direktur, Staf dan manajemen LSM Kebijakan Publik Tangerang

15. Direksi, Manajemen dan Staff “Star Radio” Tangerang

16. Kepala, Staf dan manajemen Kantor Perpustakaan Kecamatan Tangerang

17. Pengelola dan manajemen “Skyworld” Taman Mini Indonesia Indah

18. Seluruh Manajemen dan anggota Perhelatan tahunan GALAXY Forum, dibawah pengelolaan ILOA, International Lunar Observation Association, yang berkantor Pusat di Hawaii, USA.

19. Kepala, staff dan manajemen Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangerang

20. Kepala, staff dan manajemen Kantor Kesatuan Polis Pamong Praja (SatPol PP)

21. Wahana Rekreasi edukasi Trans Studio Bandung

22. Kepala, staff dan manajemen Kantor Lembaga Permasyarakatan Anak Pria 2A, Tangerang

23. Kepala, Staff dan Manajemen Kantor Taman Makam Pahlawan Taruna (TMP Taruna)

24. Pengelola Sarana dan prasarana Lingkungan Hidup “BENUA HIJAU”

25. Pengelola Cagar Budaya Lengkong, BSD Serpong

26. Kepala, Staff dan Kantor PDAM Tirta Tangerang

27. Guru Tamu, bidang kesehatan DR. HJ. Salwah dan lainnya

28. Kantor Pengelola Wisata Kota Tua “Batavia”

29. Kantor Pengelola Musium Zoologi dan Kebun raya Bogor

30. Kantor Pengelola Musium Kepresidenan Kompleks Istana Bogor

31. Kantor Pengelola Benteng Heritage dan Kelenteng “Bon Tek Bio” serta wiskul Pasar Lama, Tangerang

32. Kantor Pengelola Wisata Pendidikan Lubana Sengkol

33. Kantor Pengelola Wisata Alam dan Agro Edutainment, Kuntum Farmfield, Bogor

34. Kantor Pengelola Wisata Seven Worlds of Wonder, Cikupa Tangerang

35. Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI)

36. Pimpinan Cabang Bank Mandiri Cikokol Tangerang

37. Seluruh Sekolah Tetangga dilingkungan SDN Tangerang 15

38. Sdri. Muthia Khanza, None Jakarte 2016

39. Gen Halilintar, Penyedia Aktivitas Parenting di sekolah

40. Manajemen dan Staff Perusahaan “Real Good”

41. Manajemen dan Staff Perusahaan Susu “Hilo”

42. Yayasan Dian Rukyani, The Orphans, Cipondoh Tangerang

43. Direksi dan Staff PT. Dian Makmur Jaya Abadi, Konsultan Manajemen Bisnis

44. Kepala Kantor Tim Agen Asuransi, Cipondoh Tangerang

45. Dan pihak lainnya yang belum disebutkan satu persatu disini.




No comments:

Post a Comment