Sunday, July 30, 2017

WIRUSMAYA, Bimbingan Sederhana Wira Usaha di dunia Maya


I. PENDAHULUAN

Dalam situasi sekarang ini, kita semua dituntut untuk bisa bertahan menjalani kehidupan serta bertahan dalam persaingan usaha, mencari lowongan pekerjaan, serta keterbatasan waktu dan kebutuhan fleksibilitas alokasi waktu, terutama bagi para Ibu rumah tangga, yang berkeinginan untuk membantu suami mencari nafkah, serta bagi para orang-orang yang memiliki kebutuhan untuk beraktivitas dalam kegiatan harian sebagai sebuah keseimbangan.

Bagi para Ibu Rumah tangga, Kebutuhan akan adanya sebuah aktivitas, tanpa terikat dengan segala peraturan perusahaan yang cukup beragam, mulai dari segi waktu dan regulasi kekaryawan-an, membuat kita semua berpikir untuk memiliki usaha sendiri yang bisa kita atur sedemikian rupa, untuk bisa sesuai dengan kondisi kita.

Memiliki usaha sendiri, tentunya sangat diidamkan bagi :
- ParaIbu Rumah Tangga
- Para sebagian dari kita yang belum mendapatkan kesempatan bekerja disebuah perusahaan
- Para wanita/Ibu pekerja yang memiliki keluhan karena keterbatasan waktu untuk bisa berkumpul dan hadir bagi para anak-anaknya
- Para Pria yang jenuh dengan jenjang karir yang terasa cukup lama untuk ditempuh demi mendapatkan peningkatan jabatan dan keuangan
- Para pria ataupun wanita yang menginginkan adanya sumber pendapatan  lain selain dari tempat mereka bekerja saat ini.
- Dan masih banyak lainnya dengan alasan yang berkaitan dengan kebebasan meng-ekspresikan diri.

Namun, Memiliki usaha sendiri, kita cenderung memikirkan tentang permodalan dan perbekalan non finansial lainnya, terutama masalah modal usaha secara keuangan, modal perlengkapan kerja serta modal kemauan-ketekunan dan motivasi untuk siap bertahan membangun dunia usaha kita sendiri.

Melalui tulisan ini, saya, selvi Aldriani, akan mencoba berbagi tentang memiliki usaha sendiri yang cukup bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal usaha yang besar, namun kita harus memiliki modal ketekunan yang besar untuk bisa melakukan serta mewujudkan seluruh harapan-harapan kita.

II. APAKAH ITU WIRUSMAYA
Apakah bentuk usaha sendiri yang ada dalam pikiran anda ?
Membuka Resto makanan, Kafe Tenda, Toko Handphone, Agen Perjalanan dan tiket pesawat, Butik, Salon, Pemiliki Kontrakan, bisnis MLM ?
Untuk menciptakan usaha sendiri, apakah anda melakukan study kelayakan terlebih dahulu ?seperti :
- Berapa Modal Uang yang diperlukan untuk memulai usaha anda ? membeli bahan makanan, Bahan Baju, bahan Salon, Bahan Pulsa dan Stock handphone, Invest pada Perusahaan perjalanan untuk bisa menjadi agennya, Lahan tanah dan modal untuk membangun kontrakan ? dan lainnya.
- Apa Ketrampilan yang anda miliki saat ini sesuai dan relevan dengan usaha yang ingin anda kembangkan ?
- Dimana lokasi usaha anda ? Apakah perlu sewa, beli atau dirumah sendiri?
- Bagaimana memasarkan produk-produk anda ? Bagaimana mendistribusikannya ?
- Segmen Pasar mana yang akan anda bidik ?
- Berapa Estimasi Hasil Usaha Anda ?kapan hasil usaha tersebut mencapai titik impas (Break Event Point ?)
- Bagaimana cara nya agar usaha tersebut bisa cepat tumbuh dan berkembang ?
- Berapa karyawan yang harus anda miliki dan berapa persiapan pembayaran gaji mereka ?diperhitungkan dengan Upah Minimum Regional ?
Bagaimana jika saya menawarkan kepada anda untuk menjalani Konsep yang saya miliki, yaitu WIRUSMAYA ?
Apakah Wirusmaya itu ?
Wirusmaya adalah singkatan dari Wira Usaha dunia Maya, Ya, kita mengembangkan Wira Usaha kita sendiri melalui dunia maya, berbasiskan Internet untuk masuk ke dalam Jaringan network online melalui konsep-konsep sederhana, modal yang mudah didapat dan kecil investasi keuangannya, namun bisa mendapatkan hasil yang luar biasa serta cepat mencapai titik impas, jika kita tekun dalam melakukannya.
Modal Yang terbesar dan sangat dibutuhkan dari Wirusmaya hanyalah Kesabaran, Ketekunan, kegigihan serta kemauan untuk terus mempertajam keahlian untuk bergulir dalam jaringan Internet melalui pengetahuan-pengetahuan gratis yang bisa didapat dari para penyedia informasi ilmu pengetahuan untuk menjadi Raja bisnis Online.
III. KONSEP

Konsep wirusmaya sangat sederhana.

1. Apa yang anda harapkan dari penjualan produk anda ?
tentunya pembelian, dimana pembelian ini akan melahirkan profit untuk anda.

2. Bagaimana cara orang-orang mengetahui produk anda ?dan membeli produk anda ? bagaimana dari semua itu bisa melahirkan sebuah transaksi pembelian ?

KONSEP 1 : MENGUASAI HASIL PENCARIAN GOOGLE
Apakah anda pernah menggunakan Internet dan mencari barang kebutuhan anda melalui internet ? Melalui kotak pencarian Google ?
Lalu apa hasilnya ?

Saat anda mencari sesuatu di kotak penelusuran google akan muncul hasil pencarian seluruh situs atau referensi link (kaitan) yang berhubungan dengan produk yang anda cari sampai dengan beberapa halaman, seperti contoh :

Ketika anda mendapatkan informasi tersebut, anda akan melihat ke baris-baris informasi tersebut dan akan mengklik salah satu dari padanya untuk melihat siapa penjualnya, dan bagaimana menghubungi mereka. Anda, saya pastikan hanya akan melihat pada barisan pertama sampai dengan barisan selanjutnya, dan pada umumnya orang-orang akan melihat paling banyak sampai pada halaman ke tiga hasil pencarian Google.

Anda pasti juga akan memilih informasi yang paling menarik disajikan dari kalimat-kalimat pembuka tersebut.

Sekarang, Bagaimana jika anda bukan sebagai pencari produk ? Melainkan penyedia atau penjual produk ?

Memiliki usaha online, bukan sebatas anda menciptakan website untuk menempatkan informasi produk-produk anda yang anda jual, melainkan bagaimana info produk anda :
1. bisa masuk dalam halaman pertama Hasil pencarian Google, jika mungkin pada urutan pertama.
2. Tidak hanya itu, bagaimana informasi produk anda menguasai 60% s/d 80% hasil pencarian google pada 10 halaman pertama.
Kedua hal tersebut sangat penting untuk mendapatkan telefon atau email-email dari para browser (pencari) untuk menanyakan tentang produk anda.Pada tahap ini tentunya kepiawaian anda untuk melakukan marketing dibutuhkan, mulai dari penjelasan produk, penawaran harga yang kompetitif, serta keahlian anda untuk bisa closing/deal.
Coba anda bayangkan, pada era seperti ini, dimana internet menjamur dimana-mana diseluruh pelosok nusantara bahkan dunia, berapa besar kemungkinan anda untuk mendapatkan koneksi dari para calon pembeli anda ?
Apa batasan wilayah dan segmen pasar anda melalui jaringan ini ?Tiada terbatas. Anda tidak bisa membatasi dari mana calon pembeli anda, dan siapa mereka, berapa banyak telefon dan email yang akan datang kepada anda ?
Mengapa GOOGLE ?Karena saat ini Google adalah situs browser yang memiliki Pengguna/penikmat paling tinggi dibandingkan Yahoo.Selain itu google memiliki fasilitas Aplikasi Gratis yang lebih banyak untuk usaha anda.
KONSEP 2 : PEMILIHAN PRODUK – PRODUK YANG MENCIPTAKAN MARGIN PROFIT ISTIMEWA
Bagaimana anda bisa menciptakan profit margin yang cukup baik dan cepat ?
Para ibu pekerja, akan mencari busana, pakaian bayi, tas dan sepatu bahkan popok bayi pasti melalui google.
Saat ini pun, Para pekerja mencari produk kebutuhannya dari seluruh pelosok Indonesia, pasti melakukan pencarian barangnya tidak langsung datang ke Glodok atau Harco atau langsung datang ke took misalnya ? meskipun ada, namun bagaimana para konsumenyang ada di pelosok nusantara, di pertambangan-pertambangan, di lokasi yang jauh dari keramaian dan took-toko penyedia produk ?
Mereka akan mencari di GOOGLE SEARCH ENGINE ! Tepat!
Mari kita lihat Berapa estimasi pesanan para konsumen dari segmen pasar tertentu ? Berapa Estimasi Profit Marginnya ?, misalnya untuk :
o Popok Bayi ?
o Sepatu ?
o Jam Tangan ?
o Tas ?
o Dompet ?
o Busana ?

Dan Untuk melakukan study kelayakan, bagaimana jika saya memberikan contoh seperti ini :
o Di Indonesia, banyak sekali gedung bertingkat, Office Building, Apartemen, hotel, dan lainnya. Mereka pasti menggunakan AC untuk gedung-gedung mereka, bagaimana jika anda :
Memiliki produk AC ?atau Water Heater ?
Bagaimana Produk tersebut dipasar ?persaingan antar Merek ? Harga yang dipatok dipasaran ? Berapa banyak kemungkinan mereka melakukan pesanan ?lalu bagaimana anda melakukan After Sales Services ?
Jawabannya adalah penjual produk jenis elektronik sudah demikian ketat persaingannya dengan harga yang sudah dipatok dengan merek dan ukuran kapasitas, dan kita tidak punya waktu untuk melakukan maintenance atau layanan after sales service.
Memiliki produk yang merupakan produk pendukung AC tersebut, seperti Isolasi Pipa AC, isolasi pipa panas untuk Water Heater ?
Apakah anda bisa membayangkan mengenai persaingan harga nya masih terbuka atau sudah terlalu ketat untuk produk ini ?berapa kemungkinan konsumen memesan barang ini ? berapa varian produk ini ? berapa keuntungan anda per meter  atas penjualan ini ?
Seandainya, dari Pricelist per meter yang anda miliki anda berhak untuk mendapatkan discount penjualan sebesar 35%, bagaimana seandainya ada konsumen membeli tidak 1 meter melainkan 1000 meter ?dengan discount yang anda berikan 25% ? anda menyimpak 10% dari penjualan 100 meter tersebut

Ya, benar sekali !
Anda coba menggali ingatan anda, tentang teman-teman anda, apakah mereka memiliki produk-produk yang bisa anda jual, dengan kemungkinan pesanan yang datang tidak 1 buah, atau 10 buah, tapi ratusan buah bahkan ribuan buah (atau meter).

Anda bisa bayangkan turn over anda ?atas penjualan-penjualan anda
KONSEP 3 – PERTAHANKAN POSISI ANDA DALAM HASIL PENCARIAN GOOGLE
Ya, anda sudah masuk dalam peringkat Google, pertahankan peringkat anda dalam bersaing dengan para pengguna jaringan usaha internet lainnya.Hal ini sangat penting untuk menciptakan stabilitas penjualan anda.
IV. BERAPA BUDGET YANG DIINVESTASIKAN UNTUK MEMULAI USAHA INI ?

Apa yang diperlukan untuk usaha ini ?
1. Komputer / PC / Laptop, saya merekomendasikan anda memiliki laptop atau Netbook, untuk netbook anda bisa dapatkan pada kisaran Rp. 2 Juta, untuk laptop anda bisa mendapatkan di harga Rp. 3,2 juta, untuk PC Pentium 4 atau dualcore anda bisa mendapatkan rakitan seharga Rp. 1,5Juta
2. Modem anda bisa mendapatkan modem senilai Rp. 300 – 350 Ribu
3. Langganan Koneksi Internet, anda bisa mendapatkan unlimited Rp. 50 – 110 Ribu perbulan
4. Sewa Software Pemasang Iklan Massal Sebesar Rp. 30 Ribu perbulan
5. Alat Tulis Kantor secukupnya, karena ini paperless, anda bisa mengirimkan penawaran dan lainnya hanya dengan mencetak penawaran word anda melalui lampiran PDF, kecuali, untuk Surat Jalan dan Invoice, serta kwitansi dan meterai jika nanti penjualan sudah dilakukan
6. Situs (berbayar) atau menggunakan Fasilitas Blog/situs gratis yang disediakan oleh Google atau lainnya. Saya merekomendasikan anda membuat keduanya dari aplikasi gratis Google ini, kenapa ?karena dengan menggunakan aplikasi google, situs dan produk anda akan ter-index oleh google lebih cepat.
Apakah anda bisa mengkalkulasikan nilai itu semua ? Biaya investasinya bahkan tidak mencapai  5 Juta
V. BERAPA LAMA SAMPAI ANDA MENDAPATKAN FEEDBACK DARI CALON KONSUMEN?

Jika anda mengikuti semua saran dan tatacara yang saya berikan, tips dan trik setelah bab-bab ini, saya yakin anda akan mendapatkan feedback dalam bulan ke-3 (bisa lebih cepat jika kecepatan anda untuk mengupayakan target muncul di halaman 1 pencarian google dipercepat), dan pada 6 bulan selanjutnya (jika anda konsisten) anda akan menuai hasil penjualan yang akan berkesinambungan.

Semua cara-cara akan dibahas di bagian selanjutnya.

VI. APA START AWAL UNTUK MELAKUKAN WIRUSMAYA SETELAH SIAP PERALATAN ?

1. Cari Produk yang saat ini bisa anda miliki jaringannya langsung dari produsen, dan negosiasikan berapa discountyang bisa anda miliki dari hasil penjualan ini.
2. Dapatkan brosur lengkapserta price listnya, lalu scanning gambar-gambar produktersebut untuk nanti di masukkan didalam situs anda.
3. Ciptakan Nama untuk Toko Online Anda
Nama Toko bisa menggunakan apa saja, bisa nama anak anda dan bahkan bisa juga nama produk anda (bukan merek, tapi nama jenis produk anda)
4. Ciptakan Nama Situs/Blog Anda
Untuk Nama Situs/Blog, anda pilihkan nama yang paling me-refleksikan jenis produk yang anda jual, bisa juga ditambahkan dengan kata menarik seperti “murah” dan lainnya
5. Buat Gmail Accountanda untuk fasilitas email anda, lalu masukkan alamat gmail andapada Microsoft Outlookpada laptop anda. (Memilih Microsoft Outlook dibanding Outlook express, karena aplikasi MO akan lebih banyak dan kapasitas menampung data email lebih besar)
6. Buat Blog atau Situs Anda melalui aplikasi gratis dari Google, dengan menggunakan koneksi berkelanjutan dari GMAIL anda.

11. Sambil menunggu feedback dan pesanan, anda daftarkan situs anda ke “social-bookmarks” yang memiliki rating peringkat tertinggi pada indeks pencarian google,seperti : Facebook, Indonetwork, OLX, HotFrog, Urbanesia, dan masih banyak lainnya, yang anda browsing melalui google search engine.
12. Jika usaha anda sudah mulai ada hasilnya, anda bisa kembangkan untuk membangun sebuah situs berbayar untuk prestis usaha online andadengan menggunakan www.domainanda.com (.com adalah domain tertinggi dan worldwide, dibandingkan dengan co.id, net dan lainnya) jika anda perlu informasi membeli domain dimana yang paling bisa dipercaya, anda bisa menghubungi saya kembali untuk saya referensikan kepada penyedia domain dan hosting.
13. Aplikasi untuk membuat website (isinya) setelah anda punya domain dan hosting, anda bisa menggunakan aplikasi gratis dan simple dari wordpress.com, tatacaranya akan bisa dipelajari dengan mencari referensi atau literature mencari di google : “belajar membuat website atau blog dari wordpress.com”






No comments:

Post a Comment