Monday, April 13, 2020

Pandemi Epidemi Wabah Ketahui bedanya

Pandemi Epidemi Wabah Ketahui bedanya

Pandemi Epidemi Wabah Ketahui bedanya

Teman-teman,

Belakangan sejak merebaknya wabah virus corona, dan saat ditetapkan oleh WHO wabah Corona ini termasuk Pandemi, membuat kita seringkali mendengar istilah Pandemi di seluruh jagat raya Media Sosial dan berita. 

Akan tetapi, tahukah kita semua apa itu arti Pandemi ? lalu apa bedanya sengan Epidemi ? atau dengan Wabah ?

Berdasarkan artikel yang dimuat dalam Situs Wikipedia, didefinisikan sbb :

  • A pandemic is an epidemic of disease that has spread across a large region, for instance multiple continents or worldwide, affecting a substantial number of people. [Pandemi adalah epidemi penyakit yang telah menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua atau di seluruh dunia, yang memengaruhi sejumlah besar orang.]
  • An epidemic is the rapid spread of disease to a large number of people in a given population within a short period of time. [Epidemi adalah penyebaran penyakit yang cepat ke sejumlah besar orang dalam populasi tertentu dalam waktu singkat.]
bagaimana ? bingung ya ? secara sederhana begini :

Pandemi : Internasional dan di Luar Kendali
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diartikan sebagai wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas.  Wabah penyakit yang masuk dalam kategori pandemi adalah penyakit yang menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan. Jadi, jika ada kasus terjadi di beberapa negara lainnya selain negara asal, tetap digolongkan sebagai pandemi.


Epidemi : Lebih besar dan Menyebar
Epidemi adalah penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di daerah itu. Misalnya wabah virus Corona yang berjangkit di Wuhan, China, bisa disebut Epidemi.

Wabah : Kecil, tetapi Tidak Biasa
KBBI memaknai wabah sebagai penyakit menular yang berjangkit dengan cepat, menyerang sejumlah besar orang di daerah yang luas (seperti penyakit lainnya misalnya wabah cacar, disentri, kolera).

Akan tetapi jika sudah mencakup geografis yang lebih luas, Epidemi meningkat statusnya menjadi Pandemi. Jadi pandemi adalah epidemi yang tersebar.

Lebih lanjut lagi, pada kasus wabah penyakit yang dikategorikan dengan Pandemi, umumnya terjadinya persebaran epidemi tersebut adalah karena belum adanya / ditemukannya vaksin atau obat yang bisa mematikan virus tersebut. 

Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment