Review & Tips Strategi PPDB Online 2018

5:27:00 AM

Review & Tips Strategi PPDB Online 2018

Review & Tips Strategi PPDB Online 2018

Seperti yang dialami bersama, dalam durasi 3 hari ini, sejak tanggal 3 Juli 2018 sampai dengan 5 Juli 2018 hari ini, hampir semua orangtua yang memiliki anak lulus dari Sekolah Dasar, sedang berkutat dengan urusan PPDB Online.

PPDB Online, memang memberikan pengaruh besar didalam sistem pendidikan khususnya Penerimaan Siswa Baru ke jenjang yang lebih tinggi. Internet, merupakan akses digital yang paling mudah sebenarnya untuk diciptakan sistem yang akurat, namun pembudi-gunakannya memerlukan waktu dan kesabaran bagi seluruh masyarakat kita. 

Seperti yang telah disosialisasikan oleh Pemerintah, bahwa PPDB Online akan memberlakukan Sistem Zonasi, dimana Program Komputer dan Data jaringan yang diciptakan akan diatur sesuai dengan Patokan Nilai angka numeric yang melambangkan satu jenis klasifikasi tertentu. 

Zonasi ditetapkan dengan Pemberian Nilai pada setiap Zona Sekolah yang dimasuki, yaitu : 


Permasalahan mulai timbul ketika para siswa yang berbeda zona atau kota, sebelumnya sudah terbiasa bersekolah diarea zona tertentu dan juga ukuran tentang Sekolah Unggulan menjadi barometer setiap orang tua untuk menentukan pilihan Sekolah Yang ditargetkan. Padahal belum tentu satu Kota. 

Belum lagi, Nilai NEM yang sangat bersaing padat dengan data sebaran nilai NEM yang cukp banyak pada level nem tertentu, menjadi persaingan semakin sengit. Banyak yang tergeser juga dalam pertarungan PPDB Online.

Oleh sebab itu, karena semua sudah disosialisasikan oleh pemerintah, berikut adalah tips yang perlu anda ketahui untuk melakukan PPDB Online :

  1. Pilih Sekolah yang berada dalam satu Zona, jika perlu yang berada di wilayah 1 RT dan RW dengan sekolah tersebut. Maka Skor Nilai Zona anda sebagai indikator utama Penentuan Masuknya anak kita disekolah ybs, akan sangat besar peluangnya, nilai pada Zona yang satu RT dengan sekolah itu 4, sementara yang satu RT nilainya 3, dan yang satu Zona memiliki nilai 2. Yang beda Zona atau Luar Kota masuk dalam Nilai Zona 1
  2. Siswa yang berada diluar kota, lakukan pendaftaran online melalui jalur luar kota
  3. Siswa yang masuk dalam Zonasi Kota, usahakan pilih sesuai Zona nya.
  4. Lalu Pantau semua pergerakan Daftar Siswa pada sekolah yang anda pilih tersebut.
Lalu bagaimana jika sudah satu Zona tetap mental ?

Nah ini tips nya, lihat info grafis ini ya, ini adalah update 4 juli 2018 jam 16.42 saat sesi penutupan, jadikan ini sebagai contoh, tapi setiap hari data akan berubah.

Jangan Lupa Juga, PPDB Online Kali ini kita diperkenankan memiliki 2 pilihan, artinya jika nama anak kita terlempar dari Pilihan 1, maka akan otomatis turun namanya muncul di pilihan kedua. 

Sebaiknya fasilitas Ganti Pilihan yang disediakan 3x setiap hari dimulai pada hari ke2 dan 3, dilakukan saat Nama Anak kita berada di urutan Daftar TIDAK AMAN pada pilihan ke2. 

Mari kita lihat info grafisnya :
TIPS GANTI PILIHAN UTK DALAM KOTA PER ZONASI
Lalu Bagaimana dengan Tips untuk LUAR KOTA ? sama saja Ganti Pilihan yang disediakan 3x setiap hari dimulai pada hari ke2 dan 3, dilakukan saat Nama Anak kita berada di urutan Daftar TIDAK AMAN pada pilihan ke2. tapi agak berbeda sedikit untuk info grafisnya, silahkan liat gambar berikut : 
TIPS GANTI PILIHAN UNTUK LUAR KOTA
Caranya Tau Alamat bagaimana ? mudah ini sudah disediakan di gambar berikut :


Nah ayuk, semangat demi anak-anak. Dan Tidak ada keluhan untuk melewati proses urusan untuk anak kita tercinta. 

Semangat !!!







You Might Also Like

0 comments