Monday, May 25, 2020

Kiat Usaha Atasi Ekonomi Keluarga Dampak Pandemi


Kiat Usaha Atas Ekonomi Keluarga Dampak Pandemi

Kiat Usaha Atasi Ekonomi Keluarga Dampak Pandemi


Kawan-kawan yang dimuliakan Allah Swt,
Assalammualaikum wr wb. 

Seperti yang kita rasakan bersama, bahwa kondisi penyebaran Virus corona beberapa bulan terakhir ini menjadikan situasi ekonomi, khususnya ekonomi keluarga Indonesia begitu terpuruk. Banyak pabrik dan Industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja tanpa pesangon dengan istilah "dirumahkan" banyak juga Pekerja yang menerima Gaji yang tidak penuh atau dkenakan potongan karena diberlakukannya WFH, Work From Home atau bekerja di rumah.

Pastinya ini membuat situasi keuangan yang sangat berat, oleh karenanya kita semua harus segera mengupayakan beragam cara untuk membuat kehidupan tetap berlangsung dengan menyesuaikan upaya tersebut kepada kebijakan yang diberlakukan selnajutnya, yang diistilahkan sebagai New Normal.

Jauh waktu sebelumnya, Aku selalu menghimbau kepada kawan-kawan, meskipun kita memiliki pekerjaan yang layak, mapan disebuah perusahaan, tetap kita memerlukan usaha lain yang bisa menjadi cadangan, jika sesuatu yang buruk terjadi kepada kita, terutama kawan-kawan yang masih bekerja dengan perusahaan/orang lain dan belum memiliki usaha sendiri.

Jika pun sudah memiliki usaha sendiri, sebaiknya kembangkan denganmembangun bisnis lainnya sebagai cadangan. sehingga ketika salah satu usaha kita drop, maka dari jalur usaha lainnya bisa memberikan dukungan, meski menurun, tapi kita punya harapan ekonomi bisa terus bertahan dimasa sulit sekalipun. Nah sekarang, bukan hanya bisnis sepi, melainkan seluruh bisnis dunia terhenti !

Penyesuaian yang bisa dilakukan adalah membangun usaha secara DARING, atau online. Karena saat ini yang menjadi kendara utama dalam berbisnis adalah melalui cara Online. 

Kita bisa melakukan usaha online dengan 2 cara yaitu : 
1. Menjual Produk dan Jasa Secara Online
2. Mengembangkan kemampuan dan daya kreativitas melalui Blog dan Youtube untuk ikut program Google Adsense. 

Menjual Produk dan Jasa Secara Online

Kita bisa mengembangkan Usaha Mandiri melalui penjualan produk2 secara online, seperti menjual sepatu, baju, dompet, pernak-pernik, dan lainnya, intinya barang-barang komersial retail yang bisa langsung digunakan oleh pembeli, atau Barang-barang mentah atau semi mentah untuk kebutuhan Industri. 

Cara menjual Onlinenya bisa menggunakan :
1. Website Sendiri yang dikembangkan melalui aplikasi template Blogger atau Wordpress
2. Menjual Produk melalui situs atau website marketplace yang tersedia seperti #Tokopedia #shopee #lazada dan sejenisnya.

Dengan kedua model pengembangan tersebut intinya sama, anda perlu membuat katalog produk anda dengan dilengkapi informasi serta gambar atas produk anda.

Akan tetapi, mengingat waktu yang sangat sempit saat ini, dimana kebutuhan kehidupan tetap harus berjalan dan kita perlu percepatan pemulihan ekonomi, sebaiknya Anda menggunakan metode Nomor 2, yaitu bergabung membuka toko online anda melalui situs MarketPlace yang sudah tesedia. Situs2 seperti ini sudah sangat mudah untuk dikembangkan karena sudah dibuatkan templatenya, anda hanya tinggal meng-upload Foto dan Data produk anda ke dalam toko yang dibuat atas nama Toko anda pada situs tersebut.

Mengapa aku merekomendasikan demikian, karena jika anda membangun website baru, anda perlu mengenal cara membuat disain website dengan segala perlengkapannya, belum lagi anda perlu meningkatkan Halaman Website anda di Mesin Pencarian Google, dan ini tidak mudah. 

Akan tetapi jika anda menggunakan Metode kedua, anda sudah otomatis menggunakan jaringan Website MarketPlace tersebut, yang mana rating peringkat Website tersebut sudah mendapatkan rating tinggi di situs pencarian Google. Jadi Anda hanya perlu menciptakan kata kunci dan info produk menarik untuk membuat pemirsa merasa tertarik dan berkenan membeli produk anda. 

Khusus untuk makanan sudah siap saji, aku merekomendasikan kalian bergabung dengan GoFood dan GrabFood, ini cukup membantu, dan mereka seringkali memberikan pelatihan pelatihan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan anda, sebaiknya kalian ikuti setiap ada program pelatihan dan pertemuan jika sudah bergabung dengan aplikasi ini. 

Media Sosial Platform apa yang bisa digunakan ?

Selain aplikasi yang sudah dijelaskan tadi, anda tinggal meng-genjot promosi produk anda melalui media sosial, apa saja ?

FACEBOOK

Zaman Sekarang, pasti mayoritas dari kita semua punya Akun Facebook, iya kan?
Nah manfaatkan akun facebook anda untuk berjualan dan mempromosikan produk yang anda jual. Jadi jangan gunakan sekedar untuk postingan yang gak ada manfaatnya, tapi manfaatkan untuk keperluan usaha anda. 

Baru-baru ini, Facebook meluncurkan FACEBOOK SHOP, dan ini bisa digunakan secara gratis loh, anda bisa menghubungkan Facebook anda untuk membuat penjualan produk secara langsung melalui aplikasi ini. Dicoba deh. Mudah kok untuk digunakan.

tapi yang terpenting adalah, kembangkan facebook anda, dengan memperluas pertemanan anda dengan teman2 yang ada dalam jaringan Facebook, supaya Pemirsa anda cukup banyak yang melihat dan mengenal produk anda saat anda membagikan informasi produk tersebut. Mudah kan ? sambil bersosialisasi berkawan dan berjualan. tapi postingan kalian harus dilakukan dengan baik,bahasa yang sopan dan tidak melanggar UU ITE.

INSTAGRAM

Platform Media sosial lainnya yang tidak kalah penting adalah Instagram. Disini kalian bisa menggunakan Akun Biasa atau akun Bisnis, keduanya sama-sama gratis Loh ! Dicoba saja ya. 

Yang bisa aku infokan terkait Pengembangan melalui Instragram adalah, yang terpenting, kalian bangun dulu Follower yang banyak(sama ya seperti facebook), tapi tujuannya bukan hanyaseperti yang di uraikan dalam facebook, tapi akan lebih berarti dari sekedar mendapatkan pemirsa yang melihat produk kita, Kenapa ?

Karena Jumlah follower yang banyak pada akun instagram, akan memberi peluang kepada postingan gambar yang anada bagikan itu untuk masuk ke menu pencarian Instagram jika Peringkat Instagram anda dari banyaknya Follower dan viewer cukup tinggi. Ketika postingan anda masuk pada menu pencarian IG pada pengguna  IG disekitar lokasi anda (terutama), maka Postingan tersebut menjadi pilihan bagi mereka untuk di click dan lihat, di like atau langsung order. Jadi jelas ya.

Lalu bagaimana meningkatkan Follower ?
Banyak cara, tapi yang sederhana adalah : 
1. Lakukan posting secara Rutin perhari, 
2. strateginya pilih jadwal Jam posting yang bisa dinikmati para pengguna Instagram disela waktu senggangnya, misalnya : Postingan pada jam  10 pagi, pasti akan lebih rendah probabilitas untuk dilihat, dibanding jika anda memposting sekitar jam 4 sore sampai 8 malam (karena jam 10 pagi semua sibuk bekerja, akan tetapi jam 4 keatas, pasti banyak pemirsa yang sudah mulai senggang memanfaatkan waktu untuk browsing di IG. 
3. Gunakan Hashtag (#) kata kunci yang sesuai dengan produk yang anda jual, cek Hashtag Populer yang relevan dengan produk anda pada Google Search, dan copy paste Kumpulan Hastag tersebut pada caption setiap postingan anda.
4. lakukan secara rutin !

Setelah follower banyak, gunakan fasilitas posting IG Story, karena disini, anda bisa mengukur berapa minta para pemirsa anda untuk melihat postingan2 anda.

hal lain yang mungkin menarik, upload Video anda, bukan hanya Video pendek durasi 1 menit, tapi manfaatkan upload Video melalui menu IG TV. karena video yang durasinya cukup panjang, bisa memberi peluang bagi IG anda untuk masuk dalam rating peringkat utama di IG Search, tai jangan video yang terlalu lama dan konten yang membosankan ya. 

Perlu diperhatikan, postingan gambar anda di IG harus menarik, dari segi tata cara foto, efek kamera, angle dan pencahayaan serta info produk yang menarik.  

WHATSAPP

Nah ini juga cukup mudah, anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp melalui posting Produk anda melalui Status WA, minimal seluruh data kontak WA anda akanmelihat status anda dan tertarik untuk merespon. Lagi pula Orang Indonesia kan pastinya banyak yang kepo juga ya. 

tapi ada yang lebih menarik, sebenarnya WhatsApp ada 2 macam aplikasi, yaitu 
1. WhatsApp
2. WhatsApp for Business
keduanya bisa digunakan secara gratis, dan WhatsApp Business memang lebih unggul dibanding whatsapp biasa untuk kebutuhan Berbisnis. karena bisa memuat informasi bisnis anda, bahkan membuat Katalog produk pada Profil bisnis anda, serta melakukan penelitian data statistik serta mencatat jumlah order yang masuk melalui aplikasi ini. coba deh.

semua platform media sosial tersebut bisa digunakan untuk promosi jualan produk apa saja, barang barang atau maanan sekalipun, ini kendaraan promosi anda. Ayo semangat !

    Mengembangkan kemampuan dan daya kreativitas melalui Blog dan Youtube untuk ikut program Google Adsense. 

nah kalau yang ini, aku tidak bisa menjelaskan terlalu rinci cara-caranya, tapi sebagai pendahuluan saja ya. Jadi kalau kita suka menulis, atau buat video, kalian bisa membuat :
1. Blog untuk memuat tulisan-tulisan anda
2. Akun Youtube untuk mengupload video2 anda.

dari tulisan-tulisan atau video yang anda upload, jika sudah memenuhi syarat, anda bisa ikutkan program Google Adsense. Apa Sih Google adsense itu ?

Google Adsense adalah AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. 

jadi kalau Blog kalian punya pengikut/reader banyak, Google memperkanankan anda untuk mengikuti program ini, dimana Google akan meletakkan iklan-iklan produk dalam jaringannya di website atau blog anda dengan kompensasi pembayaran untuk anda. 

Begitupun Youtube, jika Subscriber dan viewr anda memeuhi syarat dari standar banyaknya pemirsa di youtube anda yang disyaratkan youtube, maka Google akan menempatkan iklan dalam jaringannya pada youtube anda. Dan anda bisa mendapatkan penghasilan dari pemasangan iklan ini. 

Kuncinya, Tingkatkan pembaca di blog anda, atau pemirsa di youtube anda, supaya bisa ikut program adsense. Dan lakukan postingan secara rutin.

Tata cara bikin blog, video konten untuk youtube dan lainnya, kalian bisa cek di google search, informasi dan tutorial kebutuhan tersebut, dan semua ada kok. 
selamat mencoba ya. 

TIPS PENTING UNTUK JUALAN ONLINE YANG BISA MENGHASILKAN QUANTITY PESANAN RATUSAN

Straight to the Point aja ya.
usahakan jika mau jualan Online, PILIH PRODUK yang terkait dengan Industri, seperti material yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan perkantoran.
Produk yang berkaitan dengan industri, akan menghasilkan Pesanan pesanan yang tidak satuan atau 1-10, melainkan ratusan. Maksudnya ?

aku kasih contoh ya, misalnya sebuah gedung perkantoran akan dibangun, pasti memerlukan Pendingin ruangan, jangan jual Produk AC nya, tapi Jual saja produk pendampingnya, seperti Isolasi Pipa AC nya, karena kontraktor yang membuat pekerjaan Ac di sebuah bangunan pastinya memerlukan Isolasi pipa AC bukan hanya 1 meter - an, tapi ratusan Meter ! bayangkan hasil yang bisa anda genjot dalam penjualan ini. 

Pasti akan jauh berbeda dengan penjualan barang-barang konsumer atau ritel seperti sepatu, baju anak, popok bayi dlsb. 

Akhir kata, pesan aku, apapun usaha anda, anda harus tertib dalam menjalankannya, demi stabilitas usaha dan pengembangan yang lebih luas lagi di masa yad. 

Jika anda belum memiliki jaringan produk industri, anda bisa memulainya dari produk terkecil dulu yaitu produk ritel, setidaknya anda MEMULAI saja dulu, ini proses belajar, belajar ilmu teknologi dan pemasaran, belajar kesabaran serta ketekunan. 

Sampe sini dulu ya. Semoga bermanfaat !

Wassalammualaikum wr wb. 
 

 

No comments:

Post a Comment