Monday, March 23, 2020

Pentingnya Edukasi Anak Cepat Tanggap Bencana

Pentingnya Edukasi Anak Cepat Tanggap Bencana

Pentingnya Edukasi Anak Cepat Tanggap Bencana

Assalammualaikum wr wb. 
Salah Sejahtera

Sahabat Ibu dan Ayah dimanapun berada,

Musibah dan bencana yang datang beberapa tahun belakangan ini, tentunya memberikan dampak kerugian yang cukup besar, bukan hanya kehilangan harta, akan tetapi kehilangan keluarga. 

Bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja kita berada. Apakah kita sedang tidur nyenyak, terjaga, sedang bekerja, sekolah dan lainnya. Sama sekali tidak bisa di prediksi. 

Belajar dari pengalaman tersebut, adalah sangat penting, membuat diri kita, bersama dengan keluarga siap dalam hal terjadinya musibah atau bencana. 

Kita perlu Peta Aksi Bencana dalam keluarga, yaitu Peta perencanaan, seandainya terjadi bencana, apa yang harus dilakukan dan bagaimana menghadapinya. 

Bukan hanya kita sebagai orang dewasa, akan tetapi, anak anak sejak dini, perlu diberikan edukasi terkait dengan Reaksi Cepat Tanggap saat terjadi bencana.

Pada anak anak dibawah 10 tahun, sebagian besar, pastinya semua beraktivitas selalu didampingi oleh orang tua, akan tetapi diatas 10 tahun, atau lebih tepatnya sejak kelas 3 atau 4 SD, anak anak sudah mulai memiliki kegiatan sekolah full sampai tengah hari dan ditinggal oleh orangtuanya, dan juga beraktivitas lainnya seperti main dan lain sebagainya.

Pada masa dimulainya anak anak beraktivitas dengan sedikit pendampingan orang tua, maka anak anak perlu diberikan informasi dan komunikasi mengenal bencana dan menyadari sepenuhnya apa saja yang harus ia lakukan saat terjadi bencana.

Sebagai Gambaran saja, pada saat terjadi Tsunami atau Gempa Bumi, banyak sekali keluarga yang terpisah, karena pada saat terjadi musibah, keluarga bisa saja tidak berada dalam satu lokasi, melainkan sedang beraktivitas pada kegiatan masing-masing, faktor lainya adalah, kita seringkali panik, dan tidak cepat tanggap terhadap situasi terjadinya musibah.

Tulisan berikutnya, bisa dibaca terkait dengan Edukasi Anak Cepat Tanggap terhadap bencana, dari jenis bencana satu per satu yang mungkin akan berguna untuk dikomunikasikan dalam keluarga. 

Semoga Bermanfaat. 

dan Jangan pernah lupa, kita punyatanggung jawab dalam hal terjadi musibah, dimulai dari kelompok masyarakat terkecil, yaitu Keluarga. 

Sayangi keluarga anda, dan tetap semangat membangun tumbuh kembang anak-anak yang positif.

Silahkan baca Tulisan Lanjutannya, tentang Mengenal Jenis Bencana. 

Wassalammualaikum wr wb. 

Selvi Aldriani



No comments:

Post a Comment