Thursday, August 1, 2019

4 Media Sosial yang harus dijaga agar tidak di Bajak Orang

4 Media Sosial yang harus dijaga agar tidak di Bajak Orang

AMAN KAN AKUN MEDSOS ANDA SEBELUM DIBAJAK ORANG JAHAT !

Seringkali kita mendengar atau mengalami sendiri akun Media Sosial kita dibajak orang, umumnya tujuan mereka membajak adalah dengan niat jahat untuk mengirim pesan kepada jaringan teman media sosial anda untuk menipu meminjam uang atas nama anda.

Pastinya akan sangat merepotkan dan memalukan, terlebih jika akun anda dibajak orang untuk keperluan postingan mesum dan tidak senonoh.

Dalam pengaturan setiap aplikasi media Sosial, disediakan fasilitas Login (masuk) dengan metode 2 Faktor Otentikasi (2-factor Authentication), bagaimana caranya ?

yuk baca lanjut, dimulai dari :

1. Facebook

Anda dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk menambahkan sistem otentikasi dua faktor ke akun Workplace Anda untuk keamanan tambahan.
Jika Anda mengaktifkan otentikasi dua faktor, juga dikenal sebagai otentikasi multi-faktor (MFA), Anda akan ditanya kode keamanan khusus setiap kali Anda mencoba masuk ke akun Workplace Anda atau aplikasi dari perangkat baru. Setelah Anda memasukkan kode keamanan ini, Anda akan memiliki opsi untuk menyimpan perangkat ke akun Anda sehingga Anda tidak harus melalui proses ketika Anda masuk lagi dari perangkat yang sama.

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor:
a. Masuk ke Tempat Kerja.
b. Klik lalu Pengaturan.
c. Klik Keamanan dan Masuk.
d. Gulir ke bawah dan klik Edit di bagian Gunakan otentikasi dua faktor lalu pilih Mulai. Anda mungkin diminta memasukkan kembali kata sandi Anda.
e. Di bagian Pesan Teks (SMS), klik Tambahkan Nomor Telepon Baru untuk menambahkan nomor telepon. Anda akan diminta memasukkan nomor telepon, dan kemudian mengonfirmasi bahwa Anda memiliki nomor itu dengan memasukkan kode konfirmasi yang dikirimkan kepada Anda melalui SMS.

Ingatlah bahwa setelah mengatur preferensi otentikasi dua faktor, Anda harus mengklik Aktifkan untuk mengaktifkan fitur.

Catatan: Kode keamanan juga bisa

2. Instagram

Autentikasi dua faktor adalah fitur keamanan. Jika Anda menyiapkan autentikasi dua faktor, Anda akan diminta untuk memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi percobaan login setiap kali ada orang yang mencoba mengakses Instagram dari perangkat seluler yang tidak kami kenali.

Ada beberapa metode autentikasi dua-faktor yang dapat Anda gunakan dengan akun Instagram Anda. Untuk memulai dengan autentikasi dua-faktor, pilih antara:

- Kode SMS dari telepon seluler Anda.
- Kode login dari aplikasi autentikasi pihak ketiga (seperti Duo Mobile atau Google Authenticator).

Anda akan memerlukan paling tidak salah satu dari dua penyiapan ini agar dapat menggunakan autentikasi dua faktor.
Catatan: Setelah mengaktifkan autentikasi dua faktor, Anda dapat mengakses kode pemulihan untuk akun Anda jika Anda kesulitan menerima kode. Pelajari selengkapnya tentang kode pemulihan.

Jika Anda menggunakan aplikasi autentikasi pihak ketiga (seperti Duo Mobile atau Google Authenticator), Anda bisa menyiapkan autentikasi dua faktor secara manual untuk akun Instagram yang akan membuat kunci untuk menyiapkan autentikasi dua faktor untuk setiap perangkat Anda. Kunci Instagram Anda juga bisa digunakan jika Anda menggunakan beberapa aplikasi autentikasi di perangkat yang sama.

Untuk menyiapkan autentikasi dua faktor secara manual:

a. Buka profil dan ketuk , lalu ketuk Pengaturan.
b. Ketuk Keamanan, lalu gulir turun dan ketuk Autentikasi Dua Faktor.
c.Ketuk tanda aktifkan di samping Aplikasi Autentikasi, lalu ketuk Siapkan Secara Manual. Jika Anda tidak melihat tombol beralih, ketuk Mulai.
d. Ketuk Salin Kunci di bawah kunci Instagram, lalu tempelkan ke aplikasi autentikasi Anda (misalnya: Duo Mobile atau Google Authenticator).
Catatan: Anda harus menyalin kode kunci ke clipboard, mengambil cuplikan layar, atau menyimpannya dengan cara lain karena Anda tidak akan bisa mengakses kode itu kembali setelah penyiapan selesai.
e. Setelah akun Instagram Anda tertaut dengan aplikasi autentikasi, salin kode 6 angka yang dibuat aplikasi autentikasi.
f. Kembali ke aplikasi Instagram, ketuk Berikutnya, dan tempel kode 6 angka untuk menyelesaikan proses di perangkat itu.
Setelah Anda menyiapkan autentikasi dua faktor di perangkat pertama, Anda akan bisa mengirimkan kunci Instagram ke perangkat lain dan menyiapkan autentikasi dua faktor dari sana.

Untuk Beberapa Perangkat
Anda hanya perlu menyelesaikan seluruh proses penyiapan autentikasi dua faktor di perangkat pertama. Untuk semua perangkat lainnya, Anda bisa menempelkan kunci Instagram yang dibuat dari perangkat pertama ke aplikasi autentikasi di setiap perangkat tambahan dan menautkan akun Instagram Anda ke perangkat tersebut.

Ingat bahwa kunci IG Anda berbeda dengan kode sekali pakai yang dibuat melalui aplikasi autentikasi Anda:

Kunci IG: Kunci IG Anda adalah kode yang dibuat saat Anda menyiapkan autentikasi dua faktor secara manual di perangkat dan bisa digunakan untuk menyiapkan autentikasi dua faktor di beberapa perangkat.
Kode sekali pakai: Ini adalah kode keamanan 6 angka yang bisa Anda gunakan untuk verifikasi.
Kode pemulihan: Ini adalah kode yang bisa Anda gunakan sebagai cadangan jika Anda tidak bisa mengakses kode 6 angka yang dibuat oleh aplikasi autentikasi.

3. Twitter

Twitter dapat menjadi juru bicara yang kuat untuk Anda, merek Anda, atau bisnis Anda - dan senjata yang bahkan lebih kuat jika kredensial login Anda jatuh ke tangan yang salah. Anda dapat melindungi akun Anda dengan mengaktifkan opsi otentikasi dua faktor (2FA) Twitter: Begini caranya.

Untuk mencegah akun Twitter Anda dikompromikan oleh penjahat giat atau peretas, ada beberapa opsi yang tersedia untuk Anda.

silahkan cek link berikut : https://www.imore.com/how-set-two-factor-authentication-twitter

4. WhatsApp

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp> Pengaturan> Akun> Verifikasi dua langkah> Aktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda juga dapat secara opsional memasukkan alamat email Anda. Alamat email ini akan memungkinkan WhatsApp mengirimi Anda tautan melalui email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika Anda pernah lupa PIN enam digit Anda, dan juga untuk membantu melindungi akun Anda. Kami tidak memverifikasi alamat email ini untuk mengonfirmasi akurasinya. Kami sangat menyarankan Anda memberikan alamat email yang akurat sehingga Anda tidak dikunci dari akun Anda jika Anda lupa PIN Anda.

Penting: Jika Anda menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tetapi tidak meminta ini, jangan klik tautannya. Seseorang dapat mencoba memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp.

Jika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, nomor Anda tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang di WhatsApp dalam 7 hari terakhir menggunakan WhatsApp tanpa PIN Anda. Jadi, jika Anda lupa PIN Anda sendiri, tetapi tidak memberikan email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, bahkan Anda tidak akan diizinkan memverifikasi ulang di WhatsApp dalam 7 hari terakhir menggunakan WhatsApp. Setelah 7 hari ini, nomor Anda akan diizinkan untuk melakukan verifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN Anda, tetapi Anda akan kehilangan semua pesan yang tertunda setelah diverifikasi ulang - mereka akan dihapus. Jika nomor Anda diverifikasi ulang di WhatsApp setelah 30 hari terakhir menggunakan WhatsApp, dan tanpa PIN Anda, akun Anda akan dihapus dan yang baru akan dibuat setelah verifikasi ulang berhasil.

Catatan: Untuk membantu Anda mengingat PIN Anda, WhatsApp akan secara berkala meminta Anda untuk memasukkan PIN Anda. Tidak ada opsi untuk menonaktifkan ini tanpa menonaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

No comments:

Post a Comment