Tuesday, June 11, 2019

Asiyah, istri Fir'aun yang dijamin masuk Surga

Asiyah, istri Fir'aun yang dijamin masuk Surga

Assalammualaikum wr wb sahabat yang dirahmati Allah SWT,

Wanita yang dimuliakan ini bernama Asiyah binti Muzahim, Ia adalah istri dari Raja Fir'aun. Ia adalah salah satu dari 4 wanita mulia di sisi Allah SWT.  Yang paling menarik adalah justru ia adalah istri Raja Fir'aun yang terkenal jahat dan kafir.  Bahkan Raja Firaun menganggap dirinya Tuhan dan mewajiban seluruh rakyatnya serta istrinya menyembahnya sebagai Tuhan.

Mengapa Asiyah di muliakan oleh Allah SWT ? karena ia memiliki keteguhan iman bertauhid atas nama Allah SWT. Keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT sangat kuat, bahkan tentang dirinya pun tertulis dalam Al Qur'an, yaitu QS At Tahrim Ayat 11. 

Asiyah adalah wanita yang memiliki kesabaran dan budi pekerti yang luhur, meskipun ia bahagia saat awal pernikahannya dengan Raja Firaun, dimana kecantikannya telah membuat Raja bertekuk lutut dan menuruti semua keinginannya, hingga ia diperkenankan untuk mengambil Bayi Musa a.s. yang hanyut disungai untuk menadi anak angkatnya.

Namun ketika ia menolak saat dipaksa  menyembah raja sebagai Tuhan, dan terlebih saat Raja Firaun mengetahui keimananan dan ketakwaan Asiyah bertauhid kepada Allah SWT, maka ia kemudian di siksa. kedua tangan dan kedua kakinya diikat dengan besi besar dengan tubuh ditelentangkan di atas tanah yang panas dan terik matahari. 

Setiap kali raja dan para pengawal penyiksa pergi meninggalkan dirinya yang berada dalam panas terik, ketika itu pula Malaikat menaungi Asiyah agar panas teriknya menjadi tidak berasa. Dan Raja Firaun terus menyiksanya hingga ia memerintahkan kepada penjaganya untuk menjatuhkan sebongkah batu besar ke dadanya. Akan tetapi saat bongkahan batu besar disiapkn untuk dijatuhkan, dan Asiyah melihatnya, sesaat itulah ia berdoa kepada Allah SWT, yang termaktub dalam Alqur'an yaitu : 

وَضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱمْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ٱبْنِ لِى عِندَكَ بَيْتًا فِى ٱلْجَنَّةِ وَنَجِّنِى مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِۦ وَنَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim. (At-Tahrim 66:11)

Saat itu, Asiyah diperlihatkan oleh Allah SWT Bangunan Rumah di Surga untuknya kemudian setelah itu, meluncurlah ruh Asiyah meninggalkan jasadnya untuk kembali ke sisi Allah SWT, sehingga saat sebongkah batu besar dijatuhkan, Asiyah sudah tidak merasakan sakit karena ia sudah meninggalkan asadnya. 

Kemuliaan Asiyah Binti Muzahim ini adalah :
  1. Keimanan dan Ketaqwaannya kepada Allah SWT yang begitu kuat
  2. Ia meraih janji surga dengan perjuangannya melawan firaun dengan menjaga tauhidnya
  3. Di masa Kejayaan Firaun, ialah wanita pertama yang melawan kehendak Firaun melawannya menyembah sebagai Tuhan dan memilih beriman kepada Allah SWT
  4. Ia yang mengangkat Nabi Musa as dan menyelamatkannya
  5. Menyayangi dan merawat Nabi Musa As dengan sepenuh hati
  6. Musa AS yang diangkat dirawat dan dikasihi itu adalah penghancur FirAun
  7. Tidak gentar menghadapi Firaun
  8. Mempertahankan keimanannya hingga siksaan yang menjemput ajalnya
  9. Sebagai contoh orang yang beriman kepada Allah SWT
  10. Rela mengorbankan kenikmatan sebagai ratu demi mempertahankan iman tauhidnya
  11. Sabar, Sopan, santun penyayang dan berbudi pekerti luhur
  12. Wanita terkuat sepanjang sejarah dengan siksaan yang begitu perih didunia
  13. Wanita percontohan untuk masa yang akan datang sampai ahir zaman

SubhanAllah... Mari kita belajar dari wanita-wanita mulia ini, untuk kesabarannya, mencontoh keteguhan imannya dan mewakafkan kehidupannya hanya untuk Allah SWT. 

Semoga kita menjadi orang-orang yang berada dalam barisan wanita-wanita yang dimuliakan Allah swt. Amin. 

No comments:

Post a Comment