Bukan karena makin tuwa makin manjwa

4:44:00 PM

Mungkin Seringkali kita dengar pendapat bahwa orangtua kita semakin tambah usia pasti makin manja dan tingkahnya kembali seperti anak-anak.

Apa itu kebenaran yang sempurna ? Gampang nya kita meng iya kan teori itu. Yang sebenarnya mungkin tidak sebegitunya.

Aku melewati masa-masa dimana ayahku makin tua. Semua organ tubuhnya menurun drastis kualitasnya, krn diabetes nya. Ditambah setumpuk obat2an yg harus dia makan. Logujanya Organnya menurun fungsinya tapi nampung beban kimia obat yg luar biasa. Sebentar2 beliau ribut diare...tapi nggak lama... beliau juga ribut tdk bisa pup dan diam2 minum veg*ta (korban iklan tv saat brg tsb baru keluar).

Selintas memang kayaknya "aduh...akung ini riwil banget sih..makanya jangan sembarang minum veg*ta.. kayak anak kecil aja susah dibilangin dan korban iklan" biasanya kita kesal. Antara kesal adavproses repotnya dan kesal karna kita nggak mau ayah kita kenapa kenapa.

Padahal mungkin saja beliau lakukan krn tidak mau repotkan anaknya. :)

Padahal mungkin saja beliau sampe terkena kondisi diare atau susah pup memang karena organnya yg terus menerus menurun drastis.

Jadi...jangan sesekali kita membentak orangtua kita..jika kita belum pernah melewati masa2 spt yang mereka alami...

Aku tidak pernah melarang dan tidak pernah mengiyakan. Tapi jika ada solusi yg lebih baik aku berikan alternatifnya dan jelaskan konsekuensinya/resikonya atas masing2 pikihan tsb.

Dan sekarang mamah perlahan berada pada situasi demikian. Ini sperti de ja vu. Berulang... dan aku harus kembali menjalani prosesnya...

Proses2 yang tidak akan pernah hilang dr ingatan dan tidak pernah bisa aku ungkapkan.

Ya Allah. Semoga Engkau bermurah hati untuk beri aku waktu lebih banyak berbahagia bersama mamah.

You Might Also Like

0 comments